Minggu, 05 Agustus 2012

Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi

Materi Ajar :
Buku nonfiksi adalah buku yang menawarkan informasi-informasi pengetahuan faktual yang dapat memperluas cakrawala pengetahuan pembaca. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman (empiris), hasil observasi, hasil analisis penulis terhadap berbagai peristiwa,keadaan,atau fenomena yang terjadi dalam kehidupan nyata. Buku jenis ini juga dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan atau logika karena disusun melalui proses kerja ilmiah.
Istilah yang secara umum atau luas mengacu padapengertian yang sama, tetapi masing-masing memiliki tekanan dan tujuan yang berbeda, yaitu istilah ringkasan(precis), ikhtisar, abstraksi, resume, sinopsis.
Meringkas pada hakikatnya adalah tindakan membuat sesuatu yang luas, besar, panjang, banyak makan tempat menjadi sesuatu yang mungil, sempit, pendek, dan hemat tempat. Kegiatan meringkas dilakukan dengan memangkas bagian-bagian penjelasan, rincian,i lustrasi dengan mempertahankan struktur pokoknya.
Gaya tuturan,kerangka pikiran, pendekatan, sudut pandang penulis dijaga keasliannya. Panjang ringkasan yang ideal harus proporsional atau sebanding dengan bagian-bagian karangan aslinya. Sebagai contoh, karangan asli terdiri atas 100 halaman 10 bab,ringkasannya menjadi 10 halaman 10 paragraf.
Ringkasan harus bersifat runtut, deduktif (umum ke khusus / penting ke kurang) penting, proporsional, dan mempertahankan sifat-sifat asli pengarang.
Langkah-langkah membuat ringkasan :
a.         Membaca secara intensif naskah asli, jika perlu dilakukan beberapa kali.
b.        Mengidentifikasi, menandai, dan mencatat gagasan utama, ide-ide penting yang ada dalam teks.
c.         Menyusun reproduksi karangan asli menjadi karangan baru yang jauh lebih singkat. Langkah ini dilakukan dengan menyusun atau merangkai gagasan pokok yang telah diidentifikasi.
d.        Memeriksa dan mengedit untuk merapikan bahasa karangan ringkasan yang telah dihasilkan.


Tugas: 1. Carilah sebuah buku nonfiksi di perpustakaan!
          2.  Mencaat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi.
          3.  Manyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh.
          4. Memberi komentar tantang apa yang disampaikan teman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar